Mengapa harus Cuci Darah untuk Pasien Gagal Ginjal? Ini Ulasannya

redaksi redaksi

CARA SEHAT | Hemodialisis adalah suatu prosedur medis yang umum dilakukan oleh pasien dengan gagal ginjal. Proses ini biasa dikenal sebagai prosedur Cuci Darah.

Ketika seseorang mengalami gagal ginjal, fungsi organ ginjal dalam menyaring racun dan limbah dari tubuh tidak berjalan optimal. Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi serius seperti tekanan darah tinggi, anemia, kerapuhan tulang, kerusakan saraf, dan bahkan risiko kematian.

Karena alasan inilah, hemodialisis menjadi suatu langkah penting dalam manajemen pasien dengan gagal ginjal. Proses ini berperan sebagai pengganti fungsi ginjal dalam membersihkan darah dari racun serta menjaga keseimbangan zat-zat penting dalam tubuh.

“Ketika ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik, limbah dan cairan tersebut menumpuk di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius,” kata spesialis penyakit dalam dr Rudy Kurniawan, SpPD seperti dilansir detikcom.

Kapan pasien gagal ginjal tidak harus melakukan cuci darah?

dr Rudy mengatakan bahwa secara umum pasien gagal ginjal memang harus menjalani cuci darah seumur hidup. Namun, menurut dr Rudy terdapat beberapa kondisi yang memungkinkan pasien untuk berhenti menjalani cuci darah. Salah satunya adalah melalui transplantasi ginjal.

Share This Article
Leave a comment