Trik Hilangkan Capek dan Pegal Linu Saat Pekerjaan Padat

Capek dan pegal linu merupakan keluhan yang sering muncul dari pekerja aktif. Simak informasi berikut mengenai trik hilangkan capek dan pegal linu saat pekerjaan padat.

Trik Hilangkan Capek dan Pegal Linu Saat Pekerjaan Padat

Mobilitas kerja tinggi, jadwal kerja yang padat dan sering lembur ataupun kerja berat menjadi penyebab capek dan pegal linu. Belum lagi harus menghadapi kemacetan lalu lintas yang menyita waktu dan membuat waktu istirahat di malam hari jadi kurang.

Bicara capek dan pegal linu memiliki makna yang berbeda. Capek adalah kondisi dimana tubuh tidak memiliki tenaga akibat banyaknya energi yang dikeluarkan, cara mengatasinya cukup dengan beristirahat atau mengkonsumsi makanan berenergi.

Sementara pegal linu sendiri merupakan gejala atau keluhan berupa sensasi nyeri atau kaku pada sendi. Pada pemeriksaan medis biasanya tidak ditemukan kelainan sendi yang jelas atau terlihat normal. Gangguan bisa terjadi pada sendi itu sendiri atau jaringan penyokong di sekitarnya seperti ligamen, tendon, tulang, dan otot.

Pegal linu kerap terjadi pada:

1. Orang yang bekerja di luar batas kemampuan

2. Melakukan gerakan olahraga yang salah atau berlebihan sehingga sendi menegang, terkilir, atau mengalami dislokasi.

Sebelum capek dan pegal linu menyerang Anda, lakukan cara ini untuk menghindarinya.

Trik Hilangkan Capek dan Pegal Linu

Trik Hilangkan Capek dan Pegal Linu

1. Lakukan Peregangan Otot

Sebelum memulai aktivitas luangkan waktu untuk melakukan peregangan otot selama 10–15 menit. Begitu juga saat bekerja, hindari diam dan duduk terlalu lama.

Otot yang perlu diregangkan adalah otot leher, bahu, lengan, dan tungkai bawah.

2. Atur Posisi Duduk

Jika anda memiliki pekejaan yang mengharuskan duduk, maka duduklah dengan posisi tegak menghadap ke depan, tidak miring, atau bungkuk. Usahakan kaki dapat diluruskan dengan mudah.

Tempatkan bantal kecil atau gulungan handuk di belakang pinggang dan leher untuk mencegah sakit punggung bawah dan pegal di leher, hindari juga memakai sepatu atau alas kaki yang terlalu sempit agar peredaran darah tetap lancar.

3. Jangan Membawa Barang Terlalu Berat

Hindari membawa barang di atas kepala atau di bahu, sebaiknya gunakan ransel atau tas jinjing.

Berat bawaan maksimal yang dianjurkan lebih berat 5–10 persen dari berat badan Anda. Misalnya, apabila berat badan anda 50 kg, maka tubuh dapat membawa beban 2–5 kg. Jika lebih dari itu, Anda berisiko terkena cedera otot.

4. Tidur dan Minum Cukup

Anda perlu istirahat yang cukup sebelum pagi hari melakukan pekerjaan atau aktivitas. Pastikan anda cukup mengkonsumsi air minum sepanjang bekerja agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi selain membuat tubuh lemas, juga menyebabkan tubuh mudah terasa pegal.

5. Konsumsi Herbal

Anda dapat mencoba mengkonsumsi sediaan herbal dalam kemasan sekali tenggak untuk menyiasati pegal linu. sebagai salah satu alternatif jika sudah terasa pegal sekali, lumayan membantu untuk meringankan rasa pegal saat bekerja.

Trik keluhan pegal herbal Advertisement