Penyebab Mata Timbilan atau Turuwisen
Mata timbilan atau turuwisen terjadi karena penyebab ilmiahnya seperti terkena bakteri staphylococcus. Simak penyebab mata timbilan, bintitan, dan turuwisen berikut ini.

Hayo siapa yang selalu bilang kalo mata timbilan, bintitan & turuwisen itu karena habis ngintip seseorang? Bukan gengs.

Timbilan atau bintitan ini merupakan kondisi yang tidak enak dimana ada benjolan seperti jerawat di kelopak atau area sekitar mata. Tidak sedikit orang yang menyebutkan bahwa hal ini disebabkan karena mengintip orang sedang mandi, padahal tidak ada hubungannya sama sekali dengan itu.

Saat ada yang menyebutkan bahwa penyebabnya adalah karena mengintip, jangan percaya, ya. Ini lho sebenarnya 5 penyebab kenapa mata bisa timbilan.

1. Bakteri staphylococcus aureus yang menginfeksi area sekitar mata

Bakteri staphylococcus aureus muncul karena adanya kotoran pada mata yang tidak segera dibersihkan dan menyebabkannya menginfeksi area sekitar mata dan munculnya timbilan.

2. Tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mata

Timbilan adalah tanda bahwa kamu kurang menjaga kesehatan mata dengan baik. Jangan lupa untuk minum vitamin A dan makan makanan yang baik untuk kesehatan mata untuk mencegah timbilan atau bintitan ini.

3. Terkena debu terus menerus

Berkendara tanpa melindungi mata bisa menyebabkan timbilan secara cepat karena mata terkena debu yang banyak.

4. Infeksi pada bagian akar atau pangkal bulu mata

Infeksi bisa terjadi karena tercabutnya bulu mata dan kemudian masuklah bakteri yang menyebabkan timbilan. Biasanya hal ini ditandai dengan peradangan yaitu rasa gatal dan perih di area akar bulu mata.

5. Mengucek mata yang gatal

Jangan disepelekan, ternyata mengucek mata yang gatal bisa menyebabkan mata timbilan. Hal ini dikarenakan gesekan yang terjadi saat kamu mengucek menyebabkan mata iritasi dan akhirnya timbilan.

Itu dia tadi semua penyebab kenapa mata bisa timbilan, bintitan atau turuwisen. Sebaiknya, kamu bisa lebih berhati-hati untuk menjaga kesehatan mata di manapun kamu berada. Buat kamu yang berkendara motor, jangan lupa untuk memakai kacamata atau menutup helm, ya.

Advertisement

Berikan Tanggapan