Mengobati Keputihan Dengan Daun Sambiloto

Untuk mengatasi jenis keputihan abnormal agar tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan anda dapat melakukan pengobatan menggunakan bahan alami, salah satunya dengan menggunakan daun sambiloto yang dipercaya dapat mengobati Keputihan.

Mengobati Keputihan Dengan Daun Sambiloto

Keputihan yang dialami wanita terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan sifatnya, yakni:

1. Keputihan Fisiologis (normal), terjadi menjelang atau sesudah menstruasi yang akan berpengaruh pada rangsangan seksual dan juga perubahan emosional. 

2. Keputihan Patologis (abnormal), merupakan sebuah kelainan atau masalah yakni keluarnya lendir berlebihan berwarna putih atau kuning yang gatal dan terkadang menimbulkan rasa nyeri khususnya saat melakukan hubungan seksual.

Keputihan abnormal inilah yang harus segera diatasi supaya menghindari efek samping yang jauh lebih berbahaya seperti salah satunya dengan mengkonsumsi sambiloto untuk mengatasi keputihan.

Daun sambiloto mengandung senyawa yang bernama andrographolide, memang ini terasa pahit, tetapi manfaatnya begitu banyak. Berdasarkan penelitian senyawa Andrographolide pada daun sambiloto mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol.

Sambiloto memiliki manfaat sebagai agen pembunuh bakteri, obat penghilang rasa sakit, dan penurun demam. Sambiloto bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah sel darah termasuk sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Andrographolide juga berperan besar dalam menurunkan enzim CDK4 sehingga dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Cara mengatasi keputihan berlebihan dengan sambiloto juga tidak sulit untuk dibuat sendiri caranya :

  • Ambil 3 batang sambiloto kemudian cuci bersih dan potong-potong.
  • Rebus sambiloto dengan 4 gelas air sampai tinggal dual gelas.
  • Saring ramuan setelah airnya dingin
  • Minum ramuan 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas, bila perlu tambahkan madu.

Cara mengatasi keputihan dengan ramuan tradisional dicampur daun sambiloto:

  • Siapkan 20 gram kunyit yang telah dicuci bersih, 15 gram kulit buah delima kering, dan 10 gram daun sambiloto kering yang juga telah dicuci bersih.
  • Selanjutnya, Rebuslah semua bahan dengan 800 cc air hingga mendidih dan tersisa sekitar 300 cc.
  • Seperti halnya ramuan sebelumnya, saat akan meminumnya, Anda dapat menambahkan madu secukupnya.
  • Minum ramuan tradisional ini sebaiknya 2 kali sehari hingga gejala keputihan berkurang atau sembuh sama sekali.

Selain untuk mengobati keputiohan, Tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun, menurunkan tekanan darah tinggi.

Penggunaan ramuan tradisional akan membuat Anda lebih nyaman karena bebas efek samping dari bahan kimia. Namun, kehigenisan dari bahan-bahan alami tersebut wajib Anda perhatikan.

manfaat sambiloto keputihan obat