Manfaat Cabe-Cabai Untuk Kesehatan

Cabai mengandung vitamin & Mineral seperti vitamin A, B6, C, betakaroten, mangan dan kalium. Zat capsaicin pada cabai memiliki sifat anti inflamasi, anti alergi, anti jamur dan anti iritasi. Penasaran apa saja manfaat cabe untuk kesehatan? simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Cabe-Cabai Untuk Kesehatan

Cabai merupakan bahan masakan yang sering digunakan untuk pelengkap rasa diberbagai jenis masakan agar lebih segar dan nikmat, rasanya selalu nagih meskipun pedas. Itulah mengapa, cita rasa masakan Indonesia lebih didominasi dengan kuliner dan masakan yang kaya akan bumbu dan bercita rasa pedas.

Cabai memiliki sifat anti inflamasi yang diberikan oleh zat capsaicin, selain sebagai anti inflamasi cabai juga memiliki sifat anti alergi, anti jamur dan anti iritasi. Cabai rawit juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C , dan betakaroten. Mineral yang ada pada cabai rawit adalah, mangan dan kalium, yang semuanya baik untuk kesehatan. Cabe rawit ada yang dalam bentuk bubuk, namun yang segar tentu lebih baik jika memungkinkan didapat.

Tahukah anda, dibalik rasanya yang pedas, sesungguhnya tersimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan dari cabai ini. Penasaran apa saja manfaat cabai untuk kesehatan? simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Cabe atau Cabai Untuk Kesehatan

1. Meredakan sakit tenggorokan

Ternyata Cabai rawit dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Caranya: Campur cabai rawit dengan air, dan gunakan berkumur. Prosedur ini akan membantu memulihkan sakit tenggorokan dengan cepat.

2. Mengeluarkan Keringat

Saat anda menyantap makanan pedas anda akan merasakan pedas pada lidah dengan disertai keluarnya keringat. Hal ini disebabkan karena kandungan Capsaicin pada cabai ternyata mampu melebarkan pembuluh darah manusia, yang mana hal ini membuat seseorang yang mengkonsumsi cabai akan mudah mengeluarkan keringat. Bersamaan dengan dikeluarkan keringat maka racun yang ada dalam tubuh juga akan ikut dikeluarkan, sehingga tubuh yang sehat akan anda dapatkan.

3. Melegakan Hidung yang Tersumbat

Mengkonsumsi cabai juga merangsang sekresi yang dapat membantu melegakan saluran hidung tersumbat. Bukan hanya tu, cabai juga memiliki sifat antibakteri yang dapat secara otomatis menangkal infeksi sinus kronis.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Warna merah cerah pada cabai merupakan sinyal kandungan tinggi beta karoten atau pro vitamin A. Cabai memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, hanya dengan dua sendok teh cabai merah, memberikan sekitar 6% dari nilai harian untuk vitamin C dan lebih dari 10% nilai harian vitamin A.

Vitamin A Sering disebut sebgai anti infeksi dan sangat penting untuk membran mukosa yang sehat, yang melapisi saluran hidung, paru-paru, saluran pencernaan dan saluran kemih yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap patogen.

Sehingga dengan mengkonsumsi cabai dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, ketika anda terserang flu, kemudian anda mengkonsumsi cabai guna memperoleh manfaatnya untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cabe juga memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan. Penelitian medis baru-baru ini telah menunjukkan bahwa kandungan capsaicin, dihydrocapsiate, membantu meningkatkan pengeluaran energi selama beberapa jam setelah konsumsi makanan cabai.

Hal ini karena capsaicin yang pedas pada cabe rawit akan membakar lemak, dan mengeluarkannya bersama keringat. Pada riset yang dilakukan dalam sebuah penelitian menunjukan, dengan mengkonsumsi cabai mampu menurunkan berat badan. Capsaicin diketahui mempunyai sifat termogenik yang mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh manusia.

6. Membantu Proses Pencernaan

Cabai mengandung kapsikin yang mampu merangsang mikroorganisme baik pada pencernaan yang meningkatjan penyerapan nutrisi untuk sumber metabolisme. Kita semua sering mendengar keluhan bahwa makanan pedas akan mengganggu perut atau karena membuat mulas.

Pada kenyataannya, banyak penelitian telah membuktikan bahwa cabai pedas sebenarnya dapat mencegah gangguan pencernaan kronis, membunuh bakteri penyebab tukak lambung, memicu fungsi peristaltik usus dan bahkan tidak menyebabkan penyakit refluks asam.

7. Membantu meringankan rasa nyeri

Cabai rawit dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Banyak orang yang menderita sakit kepala, dan mengkonsumsi cabe rawit akan memberikan manfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala migren. Makan cabe juga akan membantu orang yang menderita gejala sinus, dan dapat membantu mengurangi sakit gigi dan sakit gusi.

8. Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat yang paling penting dari mengkonsumsi cabai rawit adalah membantu mengurangi resiko kanker, serta dapat menghambat perkembangan sel kanker paru-paru dan kanker pankreas. Senyawa cabai rawit yang berkemampuan untuk ini tak lain adalah capsaicin yang memberikan rasa pedas. Proses ini dikenal dengan sebutan apoptosis.

9. Mengatasi Diabetes

Tingkat insulin yang tinggi berhubungan langsung dengan timbulnya diabetes tipe 2. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan memasukkan 24% cabai secara teratur dimasukkan ke dalam makanan. Peptida juga mendorong hati agar lebih mampu terhadap kelebihan insulin dengan adanya cabai.

10. Membantu Pertumbuhan Rambut

Salah satu alasan utama dari masalah kebotakan adalah karena penurunan sirkulasi darah(darah tak lancar). Cabai rawit bila dioleskan pada kulit kepala akan meningkatkan sirkulasi darah, dan dengan demikian dapat membantu pertumbuhan rambut. Memang hal ini akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala, akan tetapi ini akan memberikan manfaat yang baik untuk rambut anda.

11. Mengurangi Pegal-pegal Badan

Pada cabe terdapat senyawa kapsisikol yang memberikan rasa hangat alami cabe. Keistimewaan inilah yang dapat membantu bagi penderita pegal-pegal akibat pekerjaan berat. Oleh karena hal ini, cabai juga dibuat menjadi obat dalam bentuk koyo yang memudahkan kita untuk mendapat manfaat cabai.

12. Membantu jantung

Cabai rawit juga berguna bagi jantung Anda, karena dapat mencegah serangan jantung yang mematikan dalam hitungan detik. Hal ini karena karakteristik cabe rawit yang dapat membuka arteri di jantung.

13. Menghentikan Penyebaran Kanker Prostat

Capsaicin cabai adalah senyawa yang bertanggung jawab menghentikan penyebaran sel-sel kanker prostat melalui berbagai mekanisme. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam 15 Maret 2006, Capsaicin membunuh kedua jenis utama dari sel kanker prostat dan merangsang pertumbuhan hormon laki-laki agar tidak terpengaruh.

14. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Cabai rawit dapat membantu melancarkan peredaran darah, dengan cara mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah. Oleh karena itu, cabai rawit adalah obat yang alami yang dapat membantu mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi.

15. Membantu menyembuhkan Luka usus

Cabai rawit juga dapat membantu menyembuhkan luka usus, yang dikarenakan pergerakan peristaltik saat menjalankan proses pencernaan. Sehingga cabe akan memberikan manfaat kepada kesehatan pencernaan, dan membantu menyembuhkan berbagai masalah pada usus.

Teryata dengan mengkonsumsi cabai ada begitu banyak manfaat yang baik untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan. Namun, Rasa pedas pada cabe rawit bersifat iritan, Jika anda menderita penyakit maag atau lambung dapat memperparah kondisi sakit lambung kronis. Mengkonsumsi cabai dalam jumlah banyak memiliki efek samping yang negative karena kebanyakan makan cabe rawit adalah rasa mulas, sakit perut, diare, sering BAB dan panas pada anus.

manfaat cabe cabai kesehatan