Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Pohon Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh subur di berbagai kondisi tanah yang padat dan gembur, asalnya dari Papua/Irian Jaya, kemudian mulai berkembang ke berbagai daerah di Indonesia.

Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Pohon mahkota dewa bisa tumbuh setinggi 3 meter atau lebih dengan bagian daun hijau yang lebat. Buah akan menempel pada bagian batang dengan berkelompok atau sendiri. Buah memiliki warna hijau saat masih mentah dan akan berubah menjadi kemerahan saat sudah akan masak. Buah yang bisa dipetik dan memiliki aroma yang sangat harum.

Tanaman mahkota dewa menjadi lebih terkenal setelah buah tanaman ini mulai dikembangkan sebagai bahan obat-obatan. Nama lain dari buah mahkota dewa adalah Makuto Rojo, Makuto Ratu, Obat Dewa, Pau (Obat Pusaka), Crown of God, Boh Anggota Dewan, Simalakama (bahasa malayu). Perawatan tradisional dengan buah mahkota dewa dimulai oleh orang China yang sangat kreatif dalam menemukan resep-resep baru perawatan penyakit. Sekarang kita bisa menemukan buah mahkota dewa yang sudah diolah menjadi obat.

Berikut manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan

1. Detoksifikasi Tubuh

Tubuh kita menyerap berbagai jenis makanan dan minuman. Kita tidak pernah menyadari bahwa konsumsi berbagai jenis bahan makanan dan minuman juga bisa menjadi racun untuk tubuh. Kandungan alkaloid dalam buah mahkota dewasa dapat membantu Anda dalam menghilangkan racun di dalam tubuh, karena organ tubuh seperti ginjal dan hati tidak bisa mengeluarkan semua racun dalam tubuh.

2. Melawan Infeksi Bakteri dan Virus

Salah satu manfaat mahkota dewa yaitu dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu dalam melawan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Beberapa jenis penyakit yang mudah menyerang tubuh dan disebabkan oleh bakteri dan virus misalnya seperti penyakit tifus, kolera, TBC dan jenis lain. Manfaat buah mahkota dewa dapat meningkatkan sistem tubuh untuk melawan bakteri dan virus karena mengandung saponin.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh diperankan oleh antibody yang ada dalam tubuh kita sendiri. Jika tubuh lelah atau lemah maka mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, untuk menghidari hal tersebut Anda dapat mengkonsumsi buah mahkota dewa, yang mengandung senyawa saponin, untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan konsumsi rutin juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Menurunkan Resiko Diabates

Penyakit diabetes disebabkan karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin sebagai hormon yang mengatur persediaan kadar gula dalam darah menjadi energi tubuh. Senyawa saponin yang ditemukan pada manfaat buah mahkota dewa untuk diabetes ternyata juga bisa membantu tubuh dalam mengelola kadar gula dalam darah.

5. Menurunkan Resiko Pembekuan Darah atau Penggumpalan Darah

Pada dasarnya darah berfungsi untuk mendistribusikan semua nutrisi dan kemudian diserap oleh sel tubuh. Jika terjadi masalah pembekuan darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya yang cukup fatal. Kandungan saponin pada buah mahkota dewa dapat digunakan untuk menurunkan resiko terjadinya pembekuan atau penggumpalan darah.

6. Menurunkan Resiko Alergi

Alergi adalah sebuah reaksi tubuh yang terjadi karena tubuh membentuk sistem yang kuat terhadap reaksi bahan asing yang masuk atau terhirup ke dalam tubuh. Kandungan polifenol dalam buah mahkota dewa memiliki manfaat untuk mencegah alergi dan menurunkan potensi resiko alergi. Secara umum buah mahkota dewa memiliki sifat antihistamin sehingga baik untuk mencegah alergi.

7. Mencegah Penyakit Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyakit penyumbatan pembuluh darah biasanya menjadi salah satu resiko bagi orang yang memiliki penyakit seperti jantung, diabetes, hipertensi dan gagal ginjal. Pembuluh darah yang bekerja menuju jantung dan sistem syaraf pusat bisa tidak bekerja normal karena ada penumpukan plak atau zat asing dalam tubuh. Kandungan flavonoid dalam buah mahkota dewa bisa digunakan untuk mencegah semua penyakit yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

8. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Berbagai jenis makanan seperti makanan yang digoreng dengan minyak sawit, lemak dari daging dan dan berbagai sumber lemak lain memiliki banyak kolesterol. Kolesterol dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Kandungan senyawa flavonoid secara efektif bisa menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.

9. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Ada beberapa jenis golongan penyakit jantung yang disebabkan karena kelainan jantung bawaan, kebiasaan konsumsi rokok dan alkohol, kebiasaan gaya hidup yang buruk dan konsumsi makanan yang berlemak.

Semua jenis penyakit jantung yang disebabkan bukan karena faktor kelainan bisa diringankan dengan konsumsi buah mahkota dewa yang mengandung flavonoid.

10. Menurunkan Resiko Kanker

Kanker disebabkan karena adanya zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang sel-sel yang sehat. Akibatnya, sel akan mengalami kerusakan dan menyebabkan kenker. Kandungan flavonoid dalam buah mahkota dewa juga bisa menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Efek Samping Pengobatan dengan Buah Mahkota Dewa

Meskipun pengobatan dengan buah mahkota dewa dianggap mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit, namun dibalik manfaat buah mahkota dewa juga memiliki efek samping yang harus dikenali.

Beberapa efek samping perawatan dengan mahkota dewa adalah:

  • Konsumsi berlebihan dan tidak sesuai dosis akan menyebabkan kepala pusing, mengantuk hingga sakit kepala yang parah.
  • Dosis pemakaian dan cara konsumsi harus sesuai dengan aturan dari ahli dalam perawatan herbal, karena buah mahkota dewa mengandung racun yang bisa menyebabkan penyakit untuk tubuh.
  • Konsumsi buah mahkota dewa yang berlebihan menyebabkan reaksi kejang dan kekurangan oksigen sehingga bisa pingsan.

Untuk memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa, dapat dilakukan pengawetan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut.

Perawatan dengan buah mahkota dewa sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dari ahli perawatan tradisional. Hal ini dilakukan untuk menghindari semua resiko dari beberapa efek samping buah mahkota dewa. Jadi, jika Anda ingin mengkonsumsi buah mahkota dewa maka sebaiknya lakukan dengan bijak dan mengikuti aturan dari ahlinya.

manfaat buah kesehatan diet