Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Bubuk

Susu bubuk diproduksi oleh penggalian air dan lemak dari susu pasteurisasi segar, kandungan sumber vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, seng, kalium dan fosfor tetap dimiliki susu bubuk. Simak informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat susu bubuk berikut ini

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Bubuk

Susu merupakan bahan olahan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Susu bubuk sebenarnya sama saja dengan bentuk susu lain, seperti susu skim atau susu segar karena susu bubuk juga berasal dari susu segar.

Kandungan sumber vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, seng, kalium dan fosfor tetap dimiliki susu bubuk. Menurut Food Commodities Fact Sheet oleh Aid AS, Susu bubuk diproduksi oleh penggalian air dan lemak dari susu pasteurisasi segar. Selama proses ekstraksi air, nutrisi susu tetap bermanfaat seperti asam amino yang berkelanjutan.

Namun, bagaimanakah dengan nutrisi susu bubuk ini?? temukan jawabannya pada artikel ini.

Kandungan Nutrisi Susu Bubuk, antara lain sebagai berikut:

1. Vitamin

Menurut US Dairy Export Council, Susu bubuk mengandung sejumlah vitamin penting, diantaranya vitamin A, D dan E. Vitamin A bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, sistem reproduksi dan membantu dalam pertumbuhan sel dan diferensiasi. Vitamin D membantu usus menyerap fosfor dan kalsium yang membantu tulang, sendi dan jantung. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi lipoprotein dan membran sel serta merangsang respon kekebalan tubuh terhadap penyakit.

2. Protein dan Asam Amino

Susu cair, susu bubuk dari mana berasal, mengandung whey, kasein dan protein lain. Whey protein termasuk immonoglobulins, protease-peptones, alpha-laktoglobulin, beta-laktoglobulin dan serum darah fraksi albumin.

Susu bubuk juga mengandung asam amino seperti isoleusin, leusin, lisin, mehtionine, histidin, fenilalanin, valin, treonin dan triptofan, yang penting untuk kesehatan dan baik untuk meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

3. Karbohidrat

Jenis karbohidrat yang paling lazim dalam susu bubuk diantaranya laktosa, kandungan glukosa, dan galaktosa oligosaccharaides. AS Dairy Export Council melaporkan glukosa dan galaktosa memberikan manfaat pada bayi dengan mencegah gangguan pencernaan dan pencegahan terhadap bakteri asam laktat.

Laktosa juga merupakan diet diabetes karena tidak menaikkan kadar glukosa darah dan akan dicerna lebih lambat dari glukosa dan fruktosa, juga membantu tubuh mampu menyerap kalsium.

Kelebihan Susu Bubuk

Susu bubuk memiliki kelebihan dibandingkan dengan susu Cair, manfaat susu bubuk terkait dengan proses konsumsi dan daya tahannya juga lebih baik dibandingkan dengan susu cair. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

  •  Lebih tahan lama
  •  Kandungan gula yang lebih sedikit
  •  Lebih nikmat

Namun tentu sesuai dengan konsumsi dan lidah masing-masing penikmat susu mengenai kelezatan kedua jenis susu ini. Namun secara garis besar konsumsi susu sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Mengkonsumsi Susu Bubuk

1. Menjaga berat badan

Pakar kesehatan mengatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi susu rendah lemak dapat menurunkan berat badan. Susu dapat di jadikan sebagai camilan sehat dengan ditambahkan dengan buah-buahan sebagai makan malam.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium yang terdapat di dalam susu tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak, namun juga sangat baik untuk pertumbuhan orang dewasa untuk menjaga kekuatan tulang, serta mencegah terjadinya penyakit osteoporosis. Vitamin D yang terkandung di dalam susu juga berperan sebagai penyerapan kalsium dalam tubuh.

3. Memperbaiki tekanan darah

Manfaat lain dari susu yaitu mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Pakar kesehatan melakukan penelitian di Spanyol dengan lebih dari 5.000 orang dewasa sebagai responden, mengatakan bahwa mengonsumsi susu menekan kemungkinan untuk menaikan tekanan darah selama periode dua tahun.

4. Meningkatkan energi saat PMS

Mengonsumsi susu saat PMS sangat baik karena mampu meningkatkan energi pada saat PMS. Wanita yang lebih banyak mendapatkan kalsium serta vitamin D di sepanjang bulan memiliki risiko untuk mengembangkan PMS.

5. Mengurangi stres

Meminum susu di akhir hari ialah salah satu cara yang sangat baik apalagi saat lelah karena beraktivitas sehari-hari. Susu ini mampu mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf.

6. Mempengaruhi kesuburan untuk mendapatkan anak

Pakar kesehatan mengatakan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak, meningkatkan sekitar 25% keberhasilan ovulasi di bandingkan dengan mereka yang lebih sedikit meminum susu.

7. Menjaga kesehatan gigi

Kalsium yang terkandung di dalamnya tidak hanya mampu menyehatkan kesehatan tulang, kandungan kalsium yang terkandung di dalamnya juga mampu menjaga kesehatan gigi, dan mampu menjaga gigi agar tumbuh sehat serta mencegah gigi berlubang.

8. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Khasiat susu bubuk lainnya bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A sangat berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

9. Cocok untuk diet diabetes

Kandungan laktosa yang terkandung di dalam kandungan susu ini sangat baik di gunakan untuk diet diabetes karna tidak menaikkan kadar glukosa darah serta akan di cerna lebih lambat dari glukosa dan fruktosa.

kandungan manfaat susu vitamin protein karbohidrat