Fakta Manfaat Gizi Ubi Jalar
Ubi jalar adalah umbi bawah tanah yang memiliki manfaat gizi lebih banyak dan mengandung banyak serat dan vitamin A, kaya akan antioksidan, tembaga, vitamin B6, dan vitamin C. Simak informasi mengenai fakta manfaat gizi ubi jalar berikut ini.

Apakah ubi jalar menyebabkan kegemukan? Apakah ubi jalar sangat bagus untukmu? Semua pertanyaan ini mungkin muncul di benak Anda saat Anda memikirkan membeli ubi jalar, bukan?

Ubi jalar dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok Anda lebih rendah kalori. Mereka juga merupakan sumber potassium, niacin, vitamin B1, vitamin B2, dan fosfor yang baik.

Ubi jalar rasanya enak di semua jenis hidangan, termasuk makanan penutup. Jadi, baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang fakta manfaat gizi ubi jalar.

1. Anti- inflamasi

1. Anti- inflamasi

Ubi jalar mengandung sifat anti-inflamasi seperti antosianin dan pigmen terkait warna lainnya yang berperan penting dalam mengurangi peradangan yang tidak diinginkan pada tubuh.

2. Mengatur Tingkat Gula Darah

2. Mengatur Tingkat Gula Darah

Meskipun ubi jalar mengandung pati, ia akan diubah menjadi gula sederhana di saluran pencernaan setelah Anda mengkonsumsi,sehingga tidak membahayakan tubuh Anda. Penderita diabetes dapat mengkonsumsi ubi jalar yang akan membantu mengurangi dan mengatur kadar gula darah.

3. Tinggi Antioksidan

3. Tinggi Antioksidan

Antioksidan dalam ubi jalar membantu melindungi terhadap diabetes, kanker dan penyakit terkait jantung lainnya.

Ubi jalar mengandung beta-karoten, antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan penglihatan sehat, meningkatkan kesehatan pernafasan dan bahkan dapat melindungi kulit Anda.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Hasil riset menemukan bahwa mengonsumsi ubi jalar bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan dapat meningkatkan daya ingat karena nutrisi dan antioksidan terkandung didalam ubi jalar. Jadi, jika Anda mengalami kesulitan dalam mengingat sesuatu, konsumsi ubi jalar lebih sering.

5. Meningkatkan Imunitas

5. Meningkatkan Imunitas

Ubi jalar mengandung banyak vitamin A sekitar 438% kebutuhan vitamin A harian. 

Vitamin A ini memainkan peran penting dalam banyak aspek kesehatan, terutama memperkuat imunitas Anda dan melindungi Anda dari radikal bebas.

6. Menurunkan Berat Badan

6. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang berjuang untuk menghilangkan lemak ekstra dari perut Anda, tidak ada salahnya jika anda memasukkan ubi jalar ke dalam makanan anda sekarang karena ubi jalar padat nutrisi dan dipenuhi serat yang mampu membantu menurunkan berat badan dan menjaga perut Anda tetap kenyang.

7. Mengobati sakit maag lambung

7. Mengobati sakit maag lambung

Ubi jalar mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, kalium dan kalsium yang semuanya efektif dalam menyembuhkan sakit maag. Selain itu, serat dalam ubi jalar mencegah  sehingga mengurangi kemungkinan ambeien.

8. Sumber Kalium yang Baik

8. Sumber Kalium yang Baik

Kalium adalah salah satu elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung. Kalium yang ditemukan pada ubi jalar memiliki fungsi penting diantaranya kontraksi otot yang rileks dan mengurangi pembengkakan.

9. Baik untuk Penglihatan

9. Baik untuk Penglihatan

Vitamin A yang ditemukan pada ubi jalar juga bisa menjaga penglihatan tetap sehat. Kekurangan vitamin A mengakibatkan mata kering, rabun senja dan kehilangan penglihatan total pada kasus yang parah. 

Mulailah memasukkan ubi jalar ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan sebagian besar manfaatnya untuk mata.

10. Mengobati Kanker

10. Mengobati Kanker

Vitamin C dan beta karoten yang terkandung dalam ubi jalar sangat bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kolon, prostat, ginjal, dll.

Advertisement

Berikan Tanggapan